Menu Tutup

Mengenali Secara Detail Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google

Jasa Seo Murah

Mengenali Secara Detail Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google – Pernah tahu cara kerja mesin pencari (search engine)?

Artikel ini menjelaskan secara khusus tentang Google search engine.

Dalam dunia blogging, mesin pencari (search engine) merupakan satu nama yang sudah tidak asing lagi tentunya. Sangat erat hubungannya dengan SEO dan kata kunci (keyword) yang setiap saat selalu saja dituliskan dalam kotak pencarian oleh banyak pengguna internet di dunia.

Namun ternyata masih ada beberapa diantaranya yang tidak mengetahui secara jelas pengertian mesin pencari dan bagaimana cara kerja mesin pencari Google yang selama ini sering mereka pergunakan ketika berselancar di internet.

Tentu saja, ada beberapa mesin pencari selain Google yang juga populer, diantaranya Bing, Yahoo, dan Yandex. Masih ada beberapa yang lainnya, namun hanya sebagian kecil saja yang menggunakan seperti ASK, MSN serta AOL.

Saya akan menguraikan untuk Anda tentang search engine dan cara kerja mesin pencari Google yang jauh lebih populer dibanding mesin pencari lainnya.

Sebelumnya, saya akan menunjukan penampakan dari tampilan mesin pencari Google yang selalu kita gunakan.

cara kerja mesin pencari google

Baiklah, saya akan mulai menjelaskan mengenai mesin pencari Google.

Pengertian mesin pencari Google

Mesin Pencari Google adalah adalah program komputer yang dirancang oleh Google untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group pada suatu jaringan.

Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. (Wikipedia)

Intinya, bahwa mesin pencari memang diciptakan untuk membantu semua orang pengguna internet dalam mencari informasi baik berupa situs web, gambar atau hal lainnya.

Nah karena itu, Google sebagai salah satu perusahaan raksasa dibidang internet mengetahui betul kebutuhan konsumen dalam membantu memberikan informasi yang akurat tentang hal apapun.

Itulah Mesin Pencari atau Search Engine Google.

Sejarah mesin pencari Google

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara kerja mesin pencari Google alangkah baiknya Anda dapat mengetahui terlebih dahulu sejarah mesin pencari Google.

Paling tidak, Anda akan merasakan dan menghargai sebuah karya hebat setiap kali menggunakan mesin pencari.

Pada awal tahun 1997 Google hadir dan mencoba bersaing dengan beberapa pesaing tangguh saat itu dalam memberikan layanan berupa mesin pencari.

Adapun beberapa pesaing sebelumnya yang diantaranya adalah Aliweb, HotBox, Exite, dan Lycos. Mereka sudah terlebih dahulu hadir sekitar tahun 1994 dan mengklaim bahwa mereka adalah yang terbaik dalam layanan pencarian di internet.

Namun Google ternyata tidak pernah merasa takut untuk bersaing dengan mereka, bahkan Google mampu dengan cepat menjadi penyedia layanan penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia.

Persaingan cukup sengit di tahun-tahun berikutnya. Namun tidak ada satupun mesin pencari yang dapat menghentikan kesuksesan Google.

Di tahun 2000, Yahoo sempat memamerkan taringnya sebagai satu-satunya mesin pencari yang paling digemari dan paling banyak digunakan.

Keadaan itu tidak lantas membuat Yahoo lama dengan posisi terbaiknya, karena Google mampu menerobos dan membuktikan diri sebagai penyedia mesin pencari yang terbaik dan paling populer.

Bukan hanya itu, akhirnya Google dipandang sebagai mesin pencari utama bahkan hingga saat ini.

Bagaimana cara kerja mesin pencari Google

cara kerja mesin pencari google

Setelah tadi di atas kita mengetahui pengertian dan sejarah tentang mesin pencari Google, kini saatnya Anda juga mengenali bagaimana cara kerja mesin pencari Google (Search Engine Google).

Sebagai orang awam tentunya kita tidak habis pikir, bagaimana mesin pencari bisa membantu orang diseluruh dunia dalam memberikan informasi yang akurat mengenai banyak hal.

Bayangkan, dalam setiap detik jutaan pengguna internet menggunakan mesin pencari dan menuliskan beberapa keyword atau kata kunci dalam kotak pencarian lalu secara otomatis Google memberikan banyak pilihan jawaban yang relevan dengan kata kunci tadi.

Bagaimana itu bisa terjadi ?

Agar Anda lebih mudah memahami, saya akan menguraikannya lebih detail.

Secara umum ada 3 hal yang dilakukan oleh mesin pencari, yaitu :

  • Crawling dan Indexing
  • Algoritma
  • Fighting Spam

Crawling dan Indexing

cara kerja mesin pencari google

Crawling adalah proses saat Googlebotatau dengan istilah (Robot, Bot atau Spider) merupakan program yang dimiliki search engine untuk melacak dan menemukan link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya.

Tugasnya adalah untuk menentukan spider harus pergi kemana dan mengevaluasi link berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal.

Crawler selalu mengikuti link dan mencoba menemukan dokumen yang belum dikenal oleh search engine.

Google mempunyai perangkat komputer super canggih untuk menjalankan robot-robot atau spider dalam merayapi dan mengambil data pada miliaran laman web.

Kalau dilihat sepintas, cara kerja mesin pencari ini mirip dengan kebanyakan pengguna biasa. Mengunjungi situs lalu melusuri tautan demi tautan.

Ada satu hal yang menarik disini, setiap pemilik situs ternyata dapat mengatur dan membatasi Googlebot dalam merayapi dan menelusuri situs.

Misalnya dengan mengatur halaman-halaman tertentu saja untuk dirayapi. Pemilik juga bahkan bisa menolaknya untuk sama sekali tidak dikunjungi Googlebot.

Ketika pengguna menuliskan kata kunci (keyword) pada mesin pencari, maka Sistem Google akan memproses pencarian dengan mencari, mencatat dan menyusun kata dalam sebuah data base yang sangat besar (Jumlah situs web yang terindeks mencapai 60 triliun dengan besar ukuran file mencapai 100 juta gigabyte) dengan cara mengambil informasi pada situs web termasuk dalam tag konten utama dan atribut, seperti judul tag dan atribut ALT dan hasilnya nanti adalah jawaban dari kata kunci yang diinginkan oleh pengguna tadi.

Jadi pada intinya indexing adalah komponen yang melakukan aktivitas untuk menguraikan masing-masing laman dan meneliti berbagai unsur, seperti teks, headers, struktur atau fitur dari gaya penulisan, tag HTML khusus.

Algoritma

Kalau dilihat dari namanya, algoritma/algoritmik adalah istilah dari matematika yang artinya sebuah proses perhitungan.

Dalam istilah mesin pencari, algoritma mempunyai arti sebuah prosedur atau langkah demi langkah untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Seperti dijelaskan pada laman Google bahwa Googlebot atau spider tersebut menggunakan proses algoritmik yaitu sebuah program komputer yang menentukan mana situs yang harus ditelusuri (crawling), seberapa sering, dan sebanyak apa laman yang diambil dari sebuah situs.

Fighting spam

Setelah Googlebot melakukan pekerjaannya dari mulai indexing dan crawling lalu menghitung berapa banyak situs yang musti dirayapi, seberapa sering spider tersebut merayap maka langkah selanjutnya adalah fighting Spam.

Sesuai namanya, Fighting spam berarti berperang melawan spam/pesan sampah.

Inilah hebatnya mesin pencari Google. Google menghadirkan beberapa slide yang mengungkapkan bagaimana sistem mampu melawan situs berisikan spam atau pesan sampah.

Dengan kecanggihan mesin ini Google mampu memilih dan memilah-milah konten mana yang bermanfaat dan konten mana yang hanya berisi spam. Bahkan mesin ini dapat sekaligus menghapus konten yang telah dianggap spam tadi.

Ingin tahu secara detail bagaimana cara kerja mesin pencari Google dalam memerangi spam/pesan sampah ?

Tautan ini sebagai jawabannya.


Ketika ke-3 langkah tadi sudah dilakukan dalam mesin pencari maka hasil search yang dituliskan pengguna dengan kata kunci (keyword) tadi akan tersaji di urutan-urutan awal sehingga sesuai dan relevan dengan kebutuhan pengguna.

Semua proses penelusuran database dan pemilahan informasi di atas terjadi super cepat, hanya sekitar 1/8 detik saja dari penekanan tombol “ENTER” hingga penyajian hasil pencarian tampil.

Sangat luar biasa.

1 tanggapan pada “Mengenali Secara Detail Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google

  1. Cara Daftar Paytren

    Hey! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I truly enjoy reading your
    posts. Can you suggest any other blogs/websites/forums that deal with
    the same topics? Thank you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hubungi Kami Dengan WhatsApp
%d blogger menyukai ini: