Apa Itu CDN ? Ini penjelasan dan fungsinya

Dalam dunia hosting dan pengembangan website, istilah CDN tidaklah mengherankan. CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network, dan fungsinya untuk menjaga agar website tetap stabil dan aktif walaupun ada masalah atau gangguan. Biasanya developer atau webmaster memiliki banyak relasi dengan CDN. Meski begitu, Anda bisa mengetahui fungsi dan prinsip kerja CDN melalui pembahasan di artikel ini!

Apa Itu CDN?

Salah satu fungsi dari jaringan pengiriman konten atau CDN adalah untuk mempercepat kecepatan loading website sehingga pengiriman konten statis (seperti gambar, video, dll) dari server ke website pengguna lebih lancar.

Saat mengunjungi situs web, CDN juga dapat meningkatkan kecepatan respons situs web. Biasanya website yang besar dengan konten yang banyak akan menggunakan CDN, karena konten yang banyak akan menghambat interaksi pengguna dengan website tersebut.

Jadi, apa itu CDN? Jaringan pengiriman konten atau CDN adalah kumpulan server global yang terletak di beberapa pusat data di seluruh dunia. Jaringan global ini bertanggung jawab untuk mengirimkan konten dari server ke situs web. CDN memegang peranan yang sangat penting dalam percepatan pengiriman konten website, karena jarak website antara server dan pengunjung sangat jauh satu sama lain.

Misalnya anda sedang berada di indonesia. Kemudian kunjungi situs web yang memiliki server di Amerika Serikat. Tentu saja jaraknya sangat bervariasi dan pengiriman konten akan memakan waktu lama. Namun karena CDN tersebar di berbagai lokasi dan negara, pengiriman konten ini akan lebih cepat.

Fungsi Dari CDN

Jaringan pengiriman konten atau CDN adalah solusi ideal untuk situs web besar dengan pengunjung dari seluruh dunia. Jadi apa keuntungan menggunakan CDN untuk website besar?

  • Tingkatkan pengalaman pengguna : Dengan menggunakan CDN untuk membantu proses transfer konten antara server dan user maka response time di website Anda akan lebih cepat. Hasilnya, tentu saja, adalah pengalaman pengguna yang lebih baik.
  • Mempercepat waktu pemuatan : Menggunakan jaringan pengiriman konten juga dapat mempercepat waktu pemuatan di situs web. Menempatkan CDN paling dekat dengan pengunjung akan meningkatkan waktu pemuatan karena transmisi data tidak memerlukan banyak server perutean.
  • Sederhanakan akses pengunjung : Website besar dan audience global (seperti portal berita dan majalah online) tentunya memiliki banyak aset seperti gambar, video, thumbnail, dll. Tanpa CDN, jumlah konten yang tersedia akan memengaruhi waktu respons situs web terhadap permintaan pengunjung.
  • Kurangi risiko lalu lintas puncak :  “Traffic peak” adalah istilah untuk lonjakan pengunjung situs web, yang dapat mencegah pengunjung mengakses situs web. Menggunakan CDN dapat mencegah lonjakan lalu lintas dengan membagikan hak akses kepada pengunjung dan lokasi server terdekat.
  • Mencegah serangan DDoS : Anda juga dapat menghindari serangan penolakan layanan (DDoS) terdistribusi dengan menggunakan CDN. Pada dasarnya, DDoS hanya dapat menyerang satu lokasi server, sehingga dengan menyebarkan konten Anda ke beberapa lokasi, risiko serangan DDoS di situs web Anda akan sangat berkurang.
  • Meningkatkan posisi website di mesin pencari : Secara tidak langsung, menggunakan CDN dapat membantu Anda meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari. Ini karena mesin pencari menggunakan waktu buka situs web sebagai faktor dalam menentukan peringkat situs web.

Kesimpulan

Saat ini CDN telah menjadi bagian penting dari perkembangan Internet. Apalagi sekarang perkembangan Internet of Things sangat pesat. Banyak perusahaan mencoba mengoptimalkan situs web mereka agar muncul di bagian atas situs pencarian. Semoga informasi mengenai pengertian dan fungsi CDN ini dapat menambah wawasan anda. Jangan lupa juga gunakan Jasa website dari Nandakawebmaster , agar website Anda cepat, aman dan terpercaya.

Pabrik Beton Terbaik di malang

Mengenal PHP DAN MY SQL

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat