Mengenal lebih jauh tentang Web Hosting

Definisi web hosting

Ketika penyedia hosting mengalokasikan ruang di server web untuk situs web untuk menyimpan file-nya, mereka menghosting situs web. Hosting web membuat file yang terdiri dari situs web (kode, gambar, dll.) Tersedia untuk dilihat secara online. Setiap situs web yang pernah Anda kunjungi dihosting di server.

Jumlah ruang yang dialokasikan di server ke situs web tergantung pada jenis hosting. Jenis utama hosting adalah shared, dedicated, VPS, dan reseller. Mereka dibedakan berdasarkan jenis teknologi yang digunakan untuk server, tingkat manajemen yang disediakan dan layanan tambahan yang ditawarkan.

Singkatnya, web hosting adalah proses menyewa atau membeli ruang untuk menampung situs web di World Wide Web. Konten situs web seperti HTML, CSS, dan gambar harus ditempatkan di server agar dapat dilihat secara online.

Apa sebenarnya server itu? Server adalah komputer yang menghubungkan pengguna web lain ke situs Anda dari mana saja di dunia. Sesuai dengan namanya, penyedia layanan web hosting memiliki server, konektivitas, dan layanan terkait ke situs web host. Dengan menawarkan berbagai paket hosting, mereka mencakup spektrum kebutuhan hosting, dari blog kecil dan organisasi besar.

Jika Anda berencana menciptakan kehadiran online, hosting web yang andal sangat penting. Ada ratusan web host yang tersedia saat ini menyediakan ribuan jenis layanan web hosting. Paket berkisar dari gratis dengan opsi terbatas hingga layanan hosting web mahal yang dikhususkan untuk bisnis. Paket yang Anda pilih akan bergantung terutama pada bagaimana Anda berencana untuk menggunakan situs web Anda dan berapa banyak yang Anda anggarkan untuk hosting.

Baca juga : Apa itu nama domain?

Memilih paket hosting yang tepat berarti memiliki akses ke alokasi sumber daya yang tepat untuk menjaga agar situs web Anda memuat dengan cepat dan andal bagi pengunjung Anda. Pikirkan tentang berapa banyak bisnis yang saat ini beroperasi terutama secara online; penjualan dan prospek bisnis mereka berasal dari situs web mereka. Jika seseorang membuka situs web dan ada masalah – butuh waktu terlalu lama untuk memuat atau tidak muncul sama sekali – calon pelanggan tidak akan menunggu. Mereka akan keluar dari situs itu untuk mencari situs yang berfungsi dengan baik dan dapat memberikan apa yang mereka cari, dengan mulus.

Jika Anda baru dalam mengoperasikan situs web, hosting web dan istilah terkait bisa menjadi topik yang membingungkan. Banyak pemilik situs web pemula telah menggunakan opsi Hosting termurah atau apa pun yang dibundel dengan pembelian nama domain mereka dengan keyakinan yang salah bahwa semua opsi hosting pada dasarnya sama.

Ini bisa menjadi kesalahan yang merugikan.

Artikel ini mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang web hosting dan bagaimana memilih yang tepat penting untuk keberhasilan situs web Anda, semua dengan cara yang disederhanakan akan Anda pahami.

Bagaimana cara kerja web hosting

Hosting web terjadi ketika file yang membentuk situs web diunggah dari komputer lokal ke server web. Sumber daya server, (RAM, ruang hard drive, dan bandwidth) dialokasikan ke situs web yang menggunakannya.

Pembagian sumber daya server bervariasi bergantung pada jenis paket hosting yang dipilih. Untuk memilih paket hosting yang sesuai, Anda harus terlebih dahulu membedakan antara paket yang tersedia. Ini tidak harus rumit. Untuk pembaca non-teknis, mari kita gunakan analogi sederhana: Memilih web hosting mirip dengan mencari ruang kantor:

Bagaimana Anda memutuskan jenis ruang kantor yang tepat untuk kebutuhan Anda? Apakah workstation di ruang kerja bersama terbuka cukup, atau hal terbaik berikutnya; kantor di dalam pusat bisnis. Apakah Anda memiliki niat untuk berkembang dengan cepat atau mengharapkan banyak orang datang dan pergi? Apakah Anda akan mempertimbangkan untuk menyewa seluruh bangunan atau akankah membangun daya tarik ruang Anda sendiri?

Selain gaya kantor yang Anda gunakan, ada pertimbangan lain. Seberapa mudah kamar diakses, fungsi apa yang mereka tawarkan (tambahan seperti papan tulis, internet berkecepatan tinggi, dan fasilitas lainnya), dan di mana lokasinya, serta biaya keseluruhan. Pertimbangan ini akan menentukan kebutuhan Anda dan membantu memutuskan jenis kantor yang tepat untuk Anda. Mari bandingkan proses pemilihan ini untuk memutuskan hosting web mana yang cocok.

  • Hosting bersama mirip dengan menyewa stasiun kerja di kantor yang sibuk, berisik, terbuka atau ruang kerja bersama. Anda memiliki semua kenyamanan modern: meja, koneksi internet, dan beberapa alat tulis dan Anda berbagi ruang dengan rekan kerja lainnya termasuk dapur, printer, dan kamar kecil. Anda tidak dapat melakukan perubahan apa pun pada ruang seperti memasang papan tulis, dll. Ini adalah opsi populer untuk meluncurkan situs web kecil dan tidak sesuai untuk proyek komersial skala besar.
  • Sebuah virtual private server (VPS) adalah langkah yang bagus naik dari shared hosting. Bisnis berukuran menengah akan mendapatkan keuntungan dari menyewa kantor di dalam taman bisnis. Dengan VPS, pengguna diisolasi satu sama lain. Anda memiliki tetangga, tetapi Anda tidak terlalu bergantung pada mereka, dan Anda dapat melakukan perubahan apa pun (kustomisasi) sesuka Anda dan mengatur workstation Anda sendiri.
  • membangun seluruh kantor sebanding dengan hosting di server khusus . Ini adalah opsi yang lebih mahal dan terbaik untuk situs web yang menghargai keandalan dan kinerja tinggi. Karena Anda mengontrol seluruh ruang, Anda memiliki lebih banyak kendali atas konfigurasi dan banyak ruang, tetapi tidak ada gunanya berinvestasi jika Anda tidak akan menggunakan ruang yang disertakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat