Mengenal PHP DAN MY SQL

PHP adalah bahasa pemrograman scripting yang paling banyak digunakan saat ini. PHP banyak digunakan untuk memprogram situs web dinamis, meskipun dapat digunakan untuk tujuan lain. Contoh aplikasi PHP yang terkenal adalah forum (phpBB) dan MediaWiki (perangkat lunak di belakang Wikipedia). Dari Microsoft ASP.NET/C#/VB.NET, ColdFusion Macromedia, JSP / Java dan CGI / Perl dari Sun Microsystems, PHP juga dapat dilihat sebagai opsi lain. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks dalam bentuk CMS yang dibangun dengan PHP antara lain Mambo, Joomla, Postnuke, Xaraya, dll. Sejarah PHP

Awalnya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page (situs pribadi). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Saat itu PHP masih bernama FI (Form Interpretation), yaitu sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data formulir di Web. Kemudian Rasmus merilis kode sumber tersebut secara publik dan menamakannya PHP / FI. Dengan dirilisnya kode sumber ini menjadi sumber terbuka, banyak pemrogram tertarik untuk mengembangkan PHP.

Baca juga : Mengenal lebih jauh apa itu bootstrap

Pada November 1997, PHP / FI 2.0 dirilis. Dalam versi ini, penerjemah PHP telah diimplementasikan dalam program C, dan versi ini menyertakan modul ekstensi yang dapat meningkatkan fungsionalitas PHP / FI secara signifikan. Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP agar lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada bulan Juni 1998, perusahaan merilis penerjemah PHP baru dan menetapkan versi resminya sebagai PHP 3.0, dan mengubah akronim PHP menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Zend merilis interpreter PHP baru pada pertengahan 1999. Versi ini disebut PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak digunakan di awal abad ke-21. Versi ini banyak digunakan karena kemampuannya untuk membangun aplikasi Web yang kompleks, tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi. Zend merilis PHP 5.0 pada Juni 2004. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP telah mengalami perubahan besar. Versi ini juga mengintegrasikan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP sebagai respons terhadap perkembangan bahasa pemrograman hingga paradigma berorientasi objek.

Keunggulan PHP dari bahasa pemrograman yang lain

  • Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa script yang tidak melakukan kompilasi dalam penggunaanya.
  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai komputer (Linux, Unix, Macintosh, Windows), dan dapat dijalankan melalui konsol selama runtime, dan juga dapat menjalankan perintah sistem.
  • Dari segi pemahaman, PHP merupakan bahasa scripting yang paling sederhana karena memiliki banyak referensi
  • Dari sisi pengembangan, hal ini mudah karena terdapat banyak milis dan developer yang siap membantu pengembangan.
  • Web server yang mendukung PHP bisa dilihat dimana-mana, dari Apache, IIS, Lighttpd hingga Xitami, konfigurasi ini relatif mudah.

Pemahaman Tentang MySQL

MySQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: sistem manajemen basis data) atau DBMS. Ini multi-threaded, multi-user, dan memiliki sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB menyediakan MySQL sebagai perangkat lunak gratis di bawah GNU General Public License (GPL), tetapi juga dijual di bawah lisensi komersial jika penggunaannya tidak sesuai dengan penggunaan GPL. Sistem Manajemen Basis Data Relasional (RDBMS)

MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS), didistribusikan secara gratis di bawah GPL (Lisensi Publik Umum). Setiap orang bebas menggunakan MySQL, tetapi tidak dapat digunakan sebagai produk turunan komersial. Faktanya, MySQL telah lama menjadi turunan dari SQL (Structured Query Language), salah satu konsep utama dalam database. SQL adalah konsep operasi basis data, terutama untuk pemilihan atau pemilihan dan penginputan data, yang memungkinkan operasi data diselesaikan secara mudah dan otomatis. Keandalan sistem database (DBMS) dapat dilihat dari cara pengoptimal memproses perintah SQL yang dibuat oleh pengguna dan aplikasinya. Sebagai server database, MySQL lebih unggul dari server database lain dalam melakukan kueri data.

Apa Itu CDN ? Ini penjelasan dan fungsinya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat