Pilih Seo Atau Google Ads ?
Jika anda di hadapakan pada pilihan antara google ads dan seo mana yang akan anda pilih ? yuk masri kita bahas kekurangan dan kelebihan masing masing
SEO atau Adwords, terkadang kedua pilihan ini membingungkan para pelaku bisnis online atau para pemilik toko online. 2 Metode ini sangatlah penting dalam Search Engine Marketing.
SEO dan Adwords merupakan 2 cara yang berbeda yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing cara yang di gunakan. Berikut ini akan kami berikan perbandingan manakah yang lebih baik Antara penggunaan Google Adwords atau menggunakan SEO sebagai media strategi online Anda.
Google Adwords / Iklan Google
Seperti yang di lansir oleh Wikipedia tentang Google Adwords. Adalah salah satu produk yang di ciptakan oleh Google sebagai sumber pemasukan utama pada perusahaan mesin pencari itu, Google Adwords merupakan sarana periklanan yang langsung di tawarkan oleh google seperti contoh pada gambar yang di beri petunjuk merah berikut ini :
Keuntungan Menggunakan Google AdWords
Anda tidak perlu sulit mencapai halaman 1 google untuk mendapatkan traffic pada website Anda. Website Anda akan tayang sesuai keyword yang Anda mau dalam hitungan jam, namun menggunakan Google AdWords memerlukan dana yang relative besar. Namun sebagai pebisnis online yang baik tentu Anda harus bisa menghitung Return Of Investment jika menggunakan Google Adwords ini.
Kekurangan Menggunakan Google Adwords
Meskipun terlihat mudah, hanya menentukan keyword dan Anda akan mendapatkan trafik yang besar ke web Anda. Namun hal ini membutuhkan budget yang lumayan besar, disamping itu pengelolaan iklan juga harus tepat, jangan sampai tagihan kartu kredit Anda membengkak karena salah menargetkan keyword-keyword yang potensial dalam pengoptimalan dalam bisnis Anda.
Seo (search Engine Optimization)
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SEO (search Engine Optimization)
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh SEO (search Egnine Optimalization) yang dapat kita ketahui yaitu..:
Kelebihan SEO :
• Banjir traffik. Kalau situs web anda berhasil nangkring di urutan pertama, atau minimal masuk halaman pertama, situs web anda berpeluang besar mendapatkan limpahan traffik.
• Biaya minimal. Tapi tetap perlu kerja dan waktu yang lumayan. Karenanya saya bilang SEO itu tidak gratis!
• Mudah dipantau. Bisa dimonitor hasil dan perkembangannya lewat berbagai cara.
• Software. Tersedia banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang anda lakukan.
• Cepat terkenal. Makin sering situs web anda berada di urutan atas search engine, makin banyak orang yang mengenal web anda.
• Layanan SEO. Kalau anda sukses meng-SEO-kan situs web anda, anda bisa ikut jalankan layanan jasa SEO.
• Tidak harus anda sendiri. Untuk melakukan SEO, tidak harus anda sendiri yang melakukannya. Anda bisa cari orang atau gunakan jasa SEO untuk meng-SEO-kan situs web anda
Kekurangan SEO:
• Boros waktu. Kalau anda lakukan sendiri, jelas perlu waktu dan tenaga ekstra. Karena SEO perlu dijalankan dan dimonitor setiap hari.
• Tergantung search engine. Mengandalkan SEO berarti perkembangan situs web sangat tergantung search engine. Kalau posisi situs web anda kena “gempa bumi” alias tidak stabil posisinya di search engine, langsung penghasilan bisnis internet melorot.
• Banyak hal teknis. Kalau anda lakukan SEO sendiri, anda perlu banyak belajar hal teknis jika ingin berhasil.
• Ikuti perkembangan. Algoritma search engine terus berubah. Anda harus ikuti perkembangannya. Termasuk juga aturannya.
• Kompetisi sangat tinggi. Karena semua web melakukan SEO, maka kompetisinya tinggi. Tapi jangan takut, salah satu cara mengatasinya adalah melakukan blue ocean SEO.